Translate

Kamis, 11 September 2014

STRUKTUR SEBUAH LAGU 

Sebuah lagu pasti memiliki bagian-bagian. Bagian-bagian itu memegang peran nya masing-masing untuk menjadikan sebuah lagu menjadi indah. Struktur lagu itu adalah :

1. Intro
Intro adalah awal dari sebuah lagu, yang merupakan pengantar lagu tsb. Intro juga berfungsi memberikan waktu untuk penyanyi  dan pendengar mempersiapkan diri sebelum lagu benar-benar dimainkan.
 
2. Verse
Bisa disebut juga bait. Verse adalah pengantar sebuah lagu sebelum lagu masuk ke bagian chorus. Verse sering disebut adalah bagian “basa-basi” dari sebuah lagu. sebuah lagu yang baik bahkan memiliki verse yang kuat secara  melodik dan harmonik yang tidak kalah dengan bagian reff-nya.
 
3.   Chorus
Chorus (reff/reffain) adalah bagian lagu yang sering diulang-ulang dan merupakan inti atau bagian utama dari sebuah lagu. chorus merupakan klimaks dari sebuah lagu.

4.  Bridge
Bridge adalah sebuah begian lagu yang bukan merupakan verse atau chorus. Bridge ini biasanya dipakai untuk menjembatani antara bagian-bagian lagu. misalnya menjembatani antara chorus dengan verse, atau menjembatani antara reff dengan chorus. Tetapi biasanya bridge ini sering dipakai untuk menjembetani antara chorus dengan chorus yang overtone (naik nada dasar), sehingga overtone tidak menjadi terdengar ganjil.
 
5. Interlude
Interlude adalah bagain yang tidak diisi oleh vocal, tapi diisi oleh instrument musik. Interlude biasanya dipakai sebagai pengganti bridge untuk melakukan overtone sehingga overtone tidak terasa ganjil. Perbedaan interlude dengan bridge adalah  bridge itu bagian jembatan yang diisi oleh  vocal, sedangkan interlude tidak diisi oleh vocal.
 
6. Ending
Ending adalah bagian penutup dari sebuah lagu. ending berfungsi agar lagu berakhir lancar, smooth (mulus), dan tidak berhenti secara mendadak. Dapat merupakan bagian intro yang diulang, dapat juga berupa bagian akhir lagu yang diulang-ulang, atau dapat juga berupa instrumen yang berbeda yang sengaja dibuat untuk ending dari lagu tsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar