Translate

Rabu, 10 September 2014

SEJARAH GRUNGE

WELCOME IN MY THREAD
SEJARAH GRUNGE DAN LEGEND BAND GRUNGE DUNIA

Assalamualaikum Para Warga KASKUS Ane Sedikit mau Berbagi Tentang Sejarah GRUNGE

Sya Share Asal MuasaL Grunge Untuk Menambah Pengetahuan Tentang Music dan sejarahnya

Asal Usul Grunge

Bnyak pihak mengatakan bahwa Grunge pertama kali kemunculan nya di tahun 1980-an. Namun pada era 60-an sudah ada sebuah band yang memaikan musik grunge yaitu Crosby, Still, Nash and Young. Tapi sangat di sayangkan band-band ini tidak bertahan lama karena ledakan punk pda era 70-an. Hanya Neil Young yang masih tetap bertahan sehingga membuat band ini di juluki “The Goodfather Of Grunge”

Sbagian litelatur lainnya meyebutkan kemunculan Grunge sejak era kejayaan punk rock di tahun 1970-an dan bertempat di Minneapolis, AS. Dngan musik yang nyaris minus sound effect, kecuali suara gitar yang sangat kasar, Grunge dinilai banyak kritisi musik yang tidak lebih dari “rock n roll” minus atribut.

Grunge adalah subgenre dari aliran Alternative dengan ciri khas Distorsi gitar kenceng. riff2 gitar kotor, beat drum juga kenceng. ditambah suara berat vokal…itu ciri2 Pure Grunge.Band yg bawain Pure Grunge sebut saja MUdhoney, Mother LOve Bone, Greenriver, Nirvana, Butterhole Surfer.dan masih banyak lagi.

Grunge tidak lahir dngan sendirinya, Grunge tidak sma dngan hardrock atau heavy metal, tapi Grunge anaknya hardrock era 70-an dan di padukan dngan musik punk rock.

Tabir Grunge mulai terbuka pada tahun 1986 ketika kemunculan rilisan album kompilasi Deep Six. Band yang tergabung di album tersebut dianatarnya Soundgarden, Green River, dan Melvin. Begitu bebas dan lepas, cerminan yg terpantul dari sikap bermusik para pengusung Grunge.Mereka bermusik hanya untuk hobi belaka, bukan untuk mencari uang.Mereka cukup senang jika masuk dapur rekaman lalu di edarkan oleh perusahaan rekaman tampa memperdulikan pangsa pasar. Komunitas rock di seattle melahirkan kembali rilisan album kompilasi berikutnya yang jga sangat fenomenal, yaitu “Temple of The Dog”.

Gaya Hidup dan Bermusik menjadi Polemik grunge

Genre musik pastilah terpengaruh oleh gaya hidup, sperti dlam kehidupan sehari-hari. Begitu pula Musik Grunge yang dipengaruhi oleh gaya hidup NgeGrunge itu sendiri.banyak pengamat musik dan kritikus dari barat yang beranggapan bahwa gaya hidup Grunge yg asli gaya hidup yang erat kaitannya dengan sampah. Mreka makan sehari-harinya dari sampah yang dipungut dan dari koin recehan yang dilempar orang, hidup dari tunjangan sosial pemerintah, tidur mabuk di trotoar atau di bangku-bangku taman, sekali-kali ngompas dan melakukan tindak kriminal dan banyak hal lain yang kurang pantas untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Oleh karna itu bnyak band grunge yg tidak ingin di sebut bahwa mereka adalah sebuah ”grunge” dngan latar blakang yg buruk..mreka memperlihatkan gaya hidup yg sudah nyata adalah sebuah grunge dengan kesehariannya dan karyanya..mreka berbicara dan mengakuinya melalui reaksi dan sesuatu yg di perlihatkan bukan di ungkapkan..( inilah grunge yg kalian lihat,inilah grunge yg seharusnya..dan tidak seburuk anggapan bahwa grunge seperti yg di katakan oleh para mengamat pada eranya..

Kesimpulan : Grunge bukanlah gaya hidup yang mereka anut walaupun mereka memainkan musik Grunge, tetapi lebih pada unsur bahwa Grunge is Soul yang mencerminkan tentang kejiwaan yang redup,kebebasan,kemarahan dan kekuatan untuk bangkit dari keterpurukan..

Para legenda band grunge Berhasil memperlihatkan bahwa grunge itu ada..tanpa harus di Bicarakan dan di akui..Karna grunge selalu dan harus lahir dari hati bagi para pencintanya..bukan di gembar gemborkan untuk lebih di kenal dunia..


Kita masuk Pada masa Era ke emas’san grunge dan Para Legend Bandnya

Musik beraliran GRUNGE mulai dikenal antara tahun 70-90 an saat band rock Nirvana terkenal lewat singlenya Smeel Like Teen spirits. Grunge merupakan perpaduan antara Heavy Metal dngan Punk dan dasar sound yang muncul ala The Stooges dan Black Sabbath. Meski suara gitarnya mirip musik metal 70′an, tetapi estetika Grunge jauh berbeda dari musik metal tersebut. Lirik dan musiknya lebih mengarah ke punk dan idealisme indie sperti aliran American Hardcore.
Sya akan sedikit menyebutkan band-band Grunge yg di nilai berpengaruh besar dlam perkembangan aliran musik tersebut yaitu diantaranya Nirvana, Sound Garden dan Pearl Jam, Audioslave (semuanya dibentuk di Seattle, Washington) yang kerap di jadikan acuan bagi pengusung grunge yang lain seperti Stone Temple Pilots, Bush dan Seven Mary Three, SilverChair, Everclear, CandleBox .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar