Translate

Sabtu, 06 September 2014

BOY BAND & GIRL BAND KOREA

1. SUPER JUNIOR
 
Super Junior (korea : 슈퍼주니어), atau lebih dikenal dengan SJ atau SuJu (Super Junior) (Korea: 슈주), merupakan sebuah boyband yang berasal dari Seoul, Korea Selatan . Anggotanya berjumlah 13 orang yaitu Leeteuk, Heechul, Hangeng, Yesung, Kang-In, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum, dan Kyuhyun. Super Junior merupakan salah satu boyband terbesar di dunia. Album perdananya ialah Super Junior05 (TWINS), dirilis pada tahun 2005. Pada tahun 2010, hanya ada 10 anggota yang aktif, 4 orang diantaranya yaitu Hangeng memiliki masalah hukum dengan SM Entertainment sehingga menyebabkan HanGeng keluar dari Super Junior (sekarang bersolo karier di kancah hiburan Mandarin-Pop), KangIn dan Pada tahun 2011 ,Heechul meninggalkan grup sementara waktu untuk melaksanakan wajib militer, dan Kibum yang juga absen dikarenakan fokus pada karier seni perannya. Namun, anggota lain bersikeras bahwa 3 anggota tersebut (Kangin, Kibum dan HanGeng) masih merupakan bagian dari Super Junior, mereka juga menyebutkan bahwa mereka sangat sedih dengan kepergian HanGeng dari grup.

Nama panggung Nama lahir Tanggal lahir Posisi Sub-Unit Status
Romanisasi Hangul Hanja
Leeteuk Park Jung-soo 박정수 朴正洙 1 Juli 1983 (umur 31) Leader, Vokalis, Dancer Super Junior T, H Aktif
Yesung Kim Jong-woon 김종운 金鐘雲 24 Agustus 1984 (umur 30) Vokalis Utama Super Junior KRY, H Sementara tidak aktif (Mengikuti Wajib Militer)
Heechul Kim Hee-chul 김희철 金希澈 10 Juli 1983 (Umur 31) Vokalis, Visual Super Junior T Aktif
Kangin Kim Young-woon 김영운 金永雲 17 Januari 1985 (Umur 29) Vokalis Super Junior T, H Aktif
Shindong Shin Dong-hee 신동희 申東熙 28 September 1985 (umur 28) Dancer, Vokalis, Rapper Utama Super Junior T, H Aktif
Sungmin Lee Sung-min 이성민 李晟敏 1 Januari 1986 (umur 28) Vokalis Utama, Dancer Super Junior T, H, M Aktif
Eunhyuk Lee Hyuk-jae 이혁재 李赫宰 4 April 1986 (umur 28) Dancer Utama, Rapper Utama, Vokalis Super Junior T, H, M Aktif
Siwon Choi Si-won 최시원 崔始源 7 April 1986(umur 28) Vokalis, Visual Super Junior M Aktif
Donghae Lee Dong-hae 이동해 李東海 15 Oktober 1986 (umur 27) Dancer Utama, Vokalis Super Junior M Aktif
Ryeowook Kim Ryeo-wook 김려욱 金厲旭 21 Juni 1987 (umur 27) Vokalis Utama Super Junior KRY, M Aktif
Kyuhyun Cho Kyu-hyun 조규현 曺圭賢 3 Februari 1988 (umur 26) Vokalis Utama Super Junior KRY, M Aktif     


Gaya Musik 
Secara keseluruhan, Super Junior telah merilis tiga album studio dan satu tunggal fisik, termasuk kadang-kadang kontribusi ke drama soundtrack. Mereka diakui untuk harmonisasi vokal mereka dan bersama-sama sebagai anggota masing-masing memberikan kontribusi suara yang berbeda kisaran dalam musik mereka. Beberapa anggota yang dikreditkan untuk teknik pukulan sabuk vokal mereka, terutama Yesung. Meskipun vokal kontribusi signifikan oleh setiap anggota , Yesung, Sungmin, Ryeowook, dan Kyuhyun diberi label sebagai vokalis memimpin grup. Sindong, Eunhyuk, dan Kibum adalah rapper utama grup, dengan Donghae, Heechul dan Leeteuk secara konsisten sebagai pendukung vokal. Eunhyuk juga secara teratur menyumbang menulis musik rap grup.
Musik Super Junior terutama jatuh ke dalam kategori arus utama pop Korea. Genre lagu-lagu ini biasanya dicampur dengan cabang yang berbeda instrumen elektronik, dengan penekanan berat pada perkotaan kontemporer, tari pop, dan rap. Generic pop melodi digunakan lebih dalam SuperJunior05 (TWINS), sementara R&B dan electronica beats sulty digunakan lebih dalam "Sorry Sorry".
Super Junior bekerja sama dengan Jin Young Yoo, yang telah menghasilkan dan mengatur sebagian besar kelompok promosi sejak debut single. Yoo juga dikenal untuk menciptakan gaya SMP yang terkenal, sebuah genre yang meliputi infus seimbang rock, R&B, dan rap, dengan melengkapi unsur-unsur musik seperti gitar listrik, bass, dan instrumen perkusi yang berbeda. Super Junior telah menonjol digunakan gaya SMP ini Don't Don.
Super Junior telah meliput beberapa lagu dalam album mereka. Single perdana mereka "TWINS (Knock Out)" adalah penutup Triple Eight's "Knockout," yang dirilis pada tahun 2003. Sementara gaya musik ini kebanyakan dipertahankan seperti aslinya, "TWINS (Knock Out)" sentuhan lebih dekat dengan rap rock, rap dengan lebih cepat dan lebih menekankan pada instrumen bass. Pada sebagian besar meliputi mereka, judul asli disimpan. Contohnya termasuk Cape's "LOVE" dan Exile's "Believe". Namun, sebagian besar sampul buku ini adalah diatur ulang ke berbagai menyertai, seperti "Full of Happiness" milik HOT.

Gaya Tari 
Super Junior dikenal untuk melakukan pertunjukan yang sangat berpusat di sekitar mereka koreografi, dan diakui untuk mereka sangat sychronized tarian. Kelompok pra-debut adalah pertunjukan tari hip hop dan mereka juga telah bergabung dengan B-boy pertempuran dan pertunjukan sepanjang karier mereka.
Gaya tarian mereka secara luas disebut sebagai jalan menari, dengan mayoritas dari mereka yang berisi koreografi tari hip hop seperti meletuskan bergerak, melambai, geser, dan cair menari. Sebagian besar lagu-lagu mereka biasanya berisi musik di mana salah satu jembatan untuk enam anggota dari grup melakukan pertunjukan tari. Han Geng, Shindong, Eunhyuk, dan Donghae dilaporkan penari yang paling terampil dalam kelompok, di mana empat di antaranya kelompok biasanya terlihat memimpin tari-tarian dan juga melakukan solo. Dances dalam bentuk seni bela diri yang banyak digunakan dalam rutinitas tarian baik sebagai Sungmin Han Geng dan terlatih secara profesional di daerah itu. Beberapa anggotanya juga berpartisipasi dalam menciptakan koreografi tarian mereka, seperti yang Shindong koreografer utama untuk "U" dan untuk sebagian besar kelompok urutan tarian lain. Para anggota bekerja sama untuk menciptakan koreografi tarian untuk "Don't Don" dan "Marry U", baik promosi single untuk album kedua kelompok.

2. SNSD (Girls Generation)
 
Girls' Generation (소녀시대; Sonyeo Shidae) adalah girlband asal Korea yang dibentuk oleh SM Entertaiment pada tahun 2007. Mereka juga dikenal dengan nama SNSD atau SoShi (소시), keduanya merupakan singkatan dari nama grup ini dalam bahasa Korea. Grup ini terdiri dari sembilan anggota: Taeyon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun      

Girls' Generation sudah mulai menarik perhatian di awal karier mereka lewat lagu-lagu seperti "Into the New World" dan "Kissing You" , namun baru pada tahun 2009 mereka meraih popularitas yang signifikan lewat singel "Gee", yang kemudian dinamai sebagai Song of the Decade di Korea Selatan. Grup ini semakin memantapkan posisi mereka di industri musik Korea dengan singel-singel berikutnya seperti "Tell Me Your Wish (Genie)", "Oh!", "Run Devil Run", dan "Hoot". Pada tahun 2011, mereka kembali ke kancah musik Korea dengan lagu "The Boys" yang dirilis dalam tiga bahasa: Korea, Jepang, dan untuk pertama kalinya, Inggris. Dalam rentang waktu lima tahun, grup ini telah berhasil menjual total sebanyak 4,4 juta album dan 30 juta singel digital. Popularitas yang sangat tinggi di Korea Selatan berhasil mengantarkan mereka meraih titel "The Nation's Singers" dan "The Nation's Girl Group". Sisa Journal menamakan grup ini sebagai entertainer paling berpengaruh pada tahun 2011 dan 2012, menjadikan mereka sebagai grup wanita pertama dalam sejarah yang berhasil masuk daftar tersebut. Asia Today menempatkan mereka di peringkat ke-44 dalam daftar 50 Korean Power Leaders pada tahun 2011. Forbes juga menyatakan grup ini sebagai most powerful entertainers di Korea Selatan untuk tahun 2011.

Girls' Generation memulai debutnya di kancah musik Jepang pada tahun 2010 di bawah naungan label Nayutawave Records dengan merilis versi bahasa Jepang dari lagu hits mereka "Tell Me Your Wish (Genie)" dan "Gee". Album pertama mereka di Jepang, Girls' Generation yang dirilis pada bulan Juni 2011 merupakan album oleh sebuah grup asal Korea yang paling banyak terjual dalam sejarah tangga lagu

Pada bulan April 2012, S.M. Entertainment membentuk Girls' Generation-TTS, sub-unit pertama grup ini yang beranggotakan Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun. Album mini mereka, Twinkle, berhasil mencapai peringkat ke-126 di Billboard 200 yang merupakan posisi tertinggi yang pernah dicapai oleh album K-pop di chart tersebut sampai saat ini.

Pada Januari 2013, kelompok melakukan comeback di Korea dengan album studio keempat (enam keseluruhan) I Got a Boy, yang segera menjadi hits domestik dan global, menerima all-kill pada chart Korea dan debut di #1 di chart Billboard "World Albums". Peluncuran album ini diikuti dengan serangkaian pertunjukan live. Kelompok ini juga akan memulai Second Japan Arena Tour mereka pada Februari 2013.

Nama panggung Nama lahir Tanggal lahir Posisi
Romanisasi Hangul Romanisasi Hangul
Taeyeon 태연 Kim Tae-yeon 김태연 9 Maret 1989 (umur 25) Leader, Vokal Utama
Jessica 제시카 Jessica Jung 제시카 정 18 April 1989 (umur 25) Vokal Utama
Sunny 써니 Lee Soon-kyu 이순규 15 Mei 1989 (umur 25) Vokal
Tiffany 티파니 Stephanie Hwang 스테파니 황 1 Agustus 1989 (umur 25) Vokal Utama
Hyoyeon 효연 Kim Hyo-yeon 김효연 22 September 1989 (umur 24) Penari Utama, Vokal, Rapper
Yuri 유리 Kwon Yu-ri 권유리 5 Desember 1989 (umur 24) Pemimpin Tari, Vokal
Sooyoung 수영 Choi Soo-young 최수영 10 Februari 1990 (umur 24) Pemimpin Tari, Vokal
Yoona 윤아 Im Yoon-ah 임윤아 30 Mei 1990 (umur 24) Pemimpin Tari, Vokal , Visual
Seohyun 서현 Seo Joo-hyun 서주현 28 Juni 1991 (umur 23) Vokal Utama, Maknae 

Gaya Bermusik
Pada awal karier mereka, musik grup ini didominasi oleh bubblegum pop dan teen pop. Singel seperti "Gee" dan "Oh!" menggunakan genre teen pop dan bubblegum pop sambil memasukkan unsur dance pop. Pada tahun 2009 grup ini beralih ke musik electropop dengan singel "Tell Me Your Wish (Genie)". Mereka meneruskan penggunaan genre ini di Jepang dengan kedua album mereka, Girls' Generation dan Girls & Peace yang memuat lagu-lagu seperti "Paparazzi" dan "Flower Power". Girls' Generation banyak bekerjasama dengan produser Yoo Young-jin dan Kenzie untuk album-album mereka di Korea. Ditinjau dari lirik, grup ini mengeksplorasi girl power yang tampak jelas dalam lagu-lagu seperti "Hoot" dan "The Boys". Anggota pertama yang berpartisipasi dalam penggarapan album adalah Yuri, yang menulis lirik lagu "Mistake" dari album mini ketiga, Hoot. Grup ini memperluas kontribusi mereka lewat Tiffany dan Sooyoung yang masing-masing turut menulis lirik lagu "The Boys" dan "How Great Is Your Love" di album studio ketiga, The Boys. Album keempat grup ini, I Got a Boy, mengombinasikan berbagai elemen musikal seperti new wave 80-an, electronic dance music, dan R&B modern. Sedangkan singel "I Got a Boy" adalah contoh lagu tari elektronik yang dipadukan dengan genre pop, retro, dan urban. "Romantic St.", sebuah track di album studio keempat mereka, I Got a Boy, digambarkan oleh Naver Music termasuk dalam genre musik jazz dan swing. Billboard menggambarkan "Flower Power" sebagai harmony-heavy, robo-pop sedangkan "I Got a Boy" sebuah grab-bag dari perpaduan genre antara drum dan bass menjadi clunky electro-pop. "Galaxy Supernova" didukung oleh synth yang tinggi sedangkan b-side "Do the Catwalk", super-catchy dan whistle-hook.Singel Jepang Girls' Generation, "Love & Girls" tercatat memiliki sedikit elektro-pop segar dengan whistle-hook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar