Translate

Kamis, 11 September 2014

BAGIAN MUSIK 

Bentuk/struktur lagu, harmoni dan ekspresi merupakan bagian dari musik. Sekarang mari kita pelajari ketiga hal tersebut.
 
1.Harmoni
Harmoni adalah sesuatu yang seiring sejalan serta kompak, atau sesuatu yang selaras dan serasi.
Dalam bermain musik kita harus kompak,seiring sejalan dan tahu kemana mau melangkah.Berbicara tentang harmoni,berarti kita berbicara tentang akor.Karena harmoni menunjuk pada bagaimana cara akor disusun dan bagaimana akor tersebut mengikuti akor yang lain dalam sebuah lagu.
Akor adalah bunyi gabungan 3 nada yang terbentuk dari salah satu nada pokok tangga nada dengan tangga nada terts dan kuinnya (Rien Safarina,2002:156).Mengapa akor merupakan gabungan 3 nada?Karena nada-nada tidak akan berarti apa-apa jika berdiri sendiri-sendiri.Nada-nada tersebut akan mempunyai arti jika berhubungan dengan nada-nada lainnya.Oleh karena itu penting bagi setiap orang yang akan menyelenggarakan musik untuk tahu ilmu harmoni.Karena di dalam ilmu harmoni kita bisa mempelajari cara menyusun dan menyambung akor-akor,sehingga nada-nada tersebut akan enak di dengar jika dibunyikan bersama-sama.
 
2.Bentuk/Struktur Lagu
bentuk/struktur lagu adalah hubungan antara unsur-unsur dalam sebuah lagu yang tersusun secara apik sehingga membuat sebuah lagu menjadi lebih bermakna.
Unsur-unsur dalam sebuah lagu yang dimaksud dalam pengertian bentuk/struktur lagu di atas adalah not(huruf),motif(kata),frase(anak kalimat) dan kalimat musik.
Fungsi bentuk/struktur lagu adalah membuat orang yang menyanyikan,memainkan maupun mendengarkan lebih bisa merasakan dan menghayati makna lagu tersebut.
 
3.Ekspresi
ekspresi dalam musik berkaitan dengan ungkapan pikiran dan perasaan pencipta lagu atau penyanyi pada pendengarnya.Ungkapan pikiran dan perasaan pencipta lagu disini diwujudkan dalam tempo (cepat atau lambatnya sebuah lagu dinyanyikan), dinamik(keras atau lunaknya sebuah lagu dinyanyikan),warna nada (bermacam-macamnya ciri khas bunyi yang terdengar) dan gaya (cara menyampaikan melodi atau lagu).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar